Visi Misi
Visi Misi
PERUMDA AIR MINUM DANUM TAKA :
“PEMBANGUNAN DAN PENINGKATAN SARANA AIR BERSIH YANG MURAH, BERKUALITAS DAN TERJAMIN GUNA, MENDUKUNG PEMBANGUNAN PPU YANG MAJU, MODERN DAN RELIGIUS”
Latar Belakang Perumusan Visi
Setelah menjadi salah satu perusahaan penyedia air minum yang terpisah dari PDAM Induk, PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara dengan memberikan pelayananan air bersih yang prima. Dengan wacana Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia dan dibangunnya kawasan Industri di Kelurahan Buluminung yang tentunya memerlukan ketersediaan air bersih yang cukup besar dan Ketersediaan sumber air baku disalah satu wilayah kerja PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara (PDAM Unit Kecamatan Sepaku) merupakan nilai tambah yang dapat dijadikan sumber pendapatan bagi PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara maupun Pemerintah Daerah dengan system kerja sama Pengelolaan Air Baku/Air bersih dengan Kota Balikpapan.
Dengan latar belakang tersebut, PERUMDA AIR MINUM DANUM TAKA merumuskan visi untuk menjadi PDAM yang sehat, Profesional, Modern dan Religius.
Penjelasan Visi
Visi merupakan harapan dan cita-cita yang akan diwujudkan oleh perusahaan di masa depan dalam jangka waktu menengah dan panjang. Visi ini akan membentuk perusahaan di masa yang akan datang dan memberikan arah bagi perkembangan perusahaan.
Beberapa uraian visi dapat dijelaskan sebagai berikut:
Langkah awal untuk menuju perusahaan Daerah Air Minum yang Sehat adalah dengan membenahi semua aspek, baik manajement maupun financial.
Harapan untuk menjadi Perusahaan Daerah Air Minum yang Sehat dapat dicapai dengan melaksanakan berbagai usaha yang dituangkan dalam misi.
Misi
Misi PERUMDA AIR MINUM DANUM TAKA :
Optimalisasi system produksi dan distribusi dalam rangka mewujudkan pelayanan air minum yang memenuhi syarat kualitas dan kuantitas bagi seluruh masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.
Meningkatkan kemampuan keuangan melalui efesiensi biaya dan peningkatan pendapatan Perusahaan sehingga berdampak posisif terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara.
Menciptakan sumber daya manusia yang handal, professional, memiliki daya saing dan sejahtera dengan penerapan Good Corporate Governance (GCG) dengan prinsip Transparansi, accountable, Responsbility, Independent dan Fairness.
Meningkatkan cakupan pelayanan dan kerjasama yang harmonis dengan stakeholder di Kabupaten Penajam Paser Utara serta meningkatkan kualitas, kuantitas, kontinuitas, kecepatan dan Keramahan (K5) dalam pelayanan sebagai upaya nyata dalam memberikan pelayanan prima dan kepuasan pelanggan.
Penjelasan Misi
Misi merupakan penjabaran dan perwujudan dari visi yang telah dirumuskan oleh PERUMDA AIR MINUM DANUM TAKA. Untuk mencapai visi yang telah dirumuskan di atas, PERUMDA AIR MINUM DANUM TAKA merasa perlu untuk membuat langkah-langkah yang dituangkan dalam Misi perusahaan.
Visi dan misi harus sejalan sehingga dapat tercapai tujuan yang diinginkan. Visi dan misi ini dirumuskan setelah perusahaan mengetahui kekuatan, kelemahan perusahaan serta telah dapat mengidentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan.
PERUMDA AIR MINUM DANUM TAKA meyakini bahwa untuk menjadi salah satu perusahaan penyedia air minum yang Sehat maka perusahaan harus melakukan langkah-langkah sebagai berikut: Memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat dengan kuantitas, kontinuitas dan kualitas yang memenuhi persyaratan, meminimalkan Keluhan Pelanggan melalui pelaksanaan Pelayanan Prima, mengembangkan karyawannya sebagai aset strategis perusahaan, menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance dan melaksanakan aktivitas perusahaan yang berwawasan lingkungan.
Di samping itu, misi yang ingin dicapai PERUMDA AIR MINUM DANUM TAKA adalah menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara.
Disadari bahwa implementasi misi yang telah dirumuskan tidak mungkin berjalan tanpa adanya hambatan maupun tantangan. Maka dari itu, hendaknya pelaksanaan misi ini dibarengi dengan motivasi dan optimisme yang tinggi dari setiap elemen perusahaan.
Misi yang dirumuskan di atas, dapat dijelaskan sebagai berikut:
Perusahaan diharapkan mampu memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara dengan kuantitas, kontinuitas dan kualitas yang memenuhi persyaratan.
Perusahaan perlu mengembangkan air siap minum untuk memperluas pangsa pasarnya.
Pelanggan merupakan aset perusahaan, maka dari itu, kepuasan pelanggan adalah hal yang utama. Perusahaan berupaya untuk mencapai keluhan pelanggan yang minimal atas pelayanan PERUMDA AIR MINUM DANUM TAKA. Untuk itu, pelayanan yang diberikan kepada pelanggan seharusnya dilakukan dengan sistem pelayanan prima.
Karyawan merupakan aset strategis perusahaan, sebab karyawan adalah “mesin penggerak” kegiatan perusahaan untuk pencapaian tujuannya. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan karyawan secara optimal sehingga pelayanan prima dapat dicapai oleh PERUMDA AIR MINUM DANUM TAKA.
Agar dapat menjadi perusahaan yang sehat, PERUMDA AIR MINUM DANUM TAKA menyadari pentingnya penerapan prinsip-prinsip kewajaran, transparansi, akuntabilitas dan responsibilitas dalam operasional perusahaan. Prinsip kewajaran (fairness) mengarah kepada tingkat kewajaran kegiatan-kegiatan oeprasional perusahaan dan adanya prinsip keadilan bagi seleuruh pihak (manajemen, stakeholder dan pegawai), Prinsip transparansi mengarah kepada keterbukaan perusahaan mengenai kondisi perusahaan, terutama keterbukaan terhadap stake-holder. Akuntabilitas mengarah kepada adanya laporan-laporan dan perhitungan yang wajar terhadap kegiatan perushaan. Responsibilitas mengacu kepada adanya pertanggungjawaban terhadap seluruh kegiatan perusahaan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Sebagai perusahaan yang menuju sehat, maka diharapkan PERUMDA AIR MINUM DANUM TAKA kedepannya dapat memberikan kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.
Melaksanakan kegiatan usaha dengan memperhatikan kelestarian dan kesehatan lingkungan.